Tips Merawat Flashdisk


Flash disk (FD), barang yang satu ini sudah seperti menjadi kebutuhan primer bagi insan manusia modern. Selain kerena praktis dibanding kaset disk atau hardisk, harga flashdisk juga lebih ekonomis. Namun karena ke'ekonomisan dan kepopulerannya itu terkadang membuat FD rentan terhadap berbagai masalah. Contoh, lambatnya proses ketika memindahkan data dari atau ke FD padahal kapasitasnya masih banyak yang kosong. Atau ada file yang tidak bisa di buka, atau malah ada FD yang jadi puzzle (karena hancur terinjak mungkin) *gak nyambung ya?
Bakal ribet kan? Berikut ini sedikit tips merawat FD..

Pastikan FD berada di tempat yang aman

Kita harus selalu memastikan FD selalu berada di tempat aman. Jika anda hobi meletakan FD di dekat TV, tape recorder, atau di dalam kondisi yang panas, maka segeralah bertobat. Medan magnet dari barang-barang elektronik atau suhu yang terlalu panas akan menyebabkan sistem kerja terganggu.


Sudah sangat jelas, jauhkan dari air

Sama seperti instrumen yang berhubungan dengan listrik lainnya, Flashdisk rentan terhadap air. Simpanlah ia dengan hati-hati dan jauhkan dari keberadaan air.

Sempurnakan proses eject sebelum FD dicabut

Terkadang ditengah kesibukan dan minimnya waktu, kita begitu saja mencabut FD dari slot komputer tanpa proses eject. So, luangkan waktu sedikit saja untuk mengeject FD anda agar pemindahan data dan pemutusaan koneksi FD ke komputer dapat berlangsung sempurna.

Jangan dibanting

Ibarat makhluk hidup, FD juga punya hak asasi untuk diperlakukan dengan lembut dan flashdiskiawi.

Pakai penutup FD

"kan pakai helm..?" sebuah jargon iklan dari produk sikat gigi yang pernah ngetrend. Sama halnya dengan FD, akan lebih terlindungi apabila memakai helm.

Antivirus

Setidaknya selalu scan FD anda dari gangguan virus, karena virus menyebar bukan hanya karena niat virusnya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah...

0 komentar:

Posting Komentar

Bottom 2

Bottom 3