Asal Usul Sandal


Seorang MahaRaja berkeliling negeri untk melihat kondisi rakyatnya. Ia memutuskan untuk berjalan kaki ditemani pengawal-pengawalnya. Setelah beberapa meter keluar istana, kakinya terluka karena terhantup batu. Ia berfikir "ternyata jalanan di kerajaanku kondisinya jelek dan berbatu, tidak seperti di dalam istanaku.. Aku harus memperbaikinya.."

Lalu Sang Maharaja tersebut memanggil seluruh menterinya, ia memerintahkan untuk melapisi semua jalan di kerajaannya dengan kulit sapi yang terbaik. Segera seluruh menteri dan petugas istana mencari bahan kulit sapi ke seluruh pelosok negeri.

Di tengah kesibukan proyek jalan tersebut, datanglah seorang bijak menghadap Raja, ia berkata pada Maharaja, "wahai Paduka, mengapa Paduka hendak bersusah payah melapisi seluruh jalan - jalan di negeri ini, padahal yang Paduka butuhkan hanyalah sepasang kulit sapi untuk melapisi kaki Paduka saja.."

Konon sejak saat itu dunia menemukan kulit pelapis telapak kaki yang disebut "sandal"


Hikmah :

Ada banyak hikmah yang dapat diambil dari kisah tersebut. Untuk membuat dunia menjadi tempat yang nyaman bagi kita, kita tak perlu serta merta mengubah seluruh keadaan dunia yang kita inginkan. Yang harus kita lakukan adalah mengubah hati, fikiran dan cara pandang kita, untuk persiapan mengubah dunia yang sesungguhnya.

Inspirasi dari Motivasi Net

1 komentar:

  • Junaidi says:
    11 Desember 2011 pukul 13.59

    luar biasa....

Posting Komentar

Bottom 2

Bottom 3